Selasa, 09 April 2013

Cara Cloning Hardisk



Tips Trik Rahasia 8 Menit Instal Windows - Tutorial Kloning Hardisk ke Hardisk Dengan Mudah Menggunakan Norton Ghost (Clone HDD - Use Hiren Boot CD). Pada kesempatan kali ini membahas tentang “Panduan Cloning Hardisk to Hardisk SATA maupun ATA”. Sebelumnya saya menulis kelemahan dan kelebihan Norton Ghost. Penasaran! Apa itu cloning? Cloning adalah menyamakan suatu benda dengan benda yang lain alias dibuat kembar.


Cloning hardisk bisa menggandakan Sistem Operasi seperti Windows, Linux, Macintosh dsb. Kemudian bisa juga berupa data besar yang ingin disalin secara maknyuus alias cepat! Dengan memiliki satu komponen PC yang mempunyai sistem operasi. Saudara bisa menginstal PC lain dengan waktu lebih kurang 8 menit, plus aplikasi pendukung serta drivernya. Kenapa demikian? Karena syaratnya hanya butuh spesifikasi PC yang sama, sehingga dengan mudah dalam melakukan cloning. 






Jika mau buat warnet dengan jumlah 10 PC atau tergantung kebutuhan anda. Cukup instal lengkap pada satu PC, kemudian tinggal cloning hardisk yang berisi OS dengan hardisk kosong milik unit PC yang belum terinstal.  Kemudian tinggal colokin kabel ATA atau SATA, coba perhatikan kecepatan super gesit dalam prosesnya. Kalau di kira-kira, instal satu-persatu unit PC akan memakan waktu yang lama. Dengan ini sobat bisa duduk santai dengan secangkir kopi Mengkloning Hardisk sambil proses cloning. Software Norton Ghost menggunakan boot cd ketika booting, fungsinya melakukan backup data atau cloning komputer satu dengan yang lainnya. Nah bos, mari kita menuju ke TKP Tutorial Norton Ghost, berikut langkah-langkah cloning hardisk to hardisk : 

URAIAN PERSIAPAN KERJA 

1. CD Boot Norton Ghost V 7.5 Enterprise Edition,   

2. 1 Unit PC,   
3. Installer Sistem Operasi,

URAIAN KEGIATAN KERJA / PROSES KERJA

1. Cloning Hardisk To Hardisk

Jika  seorang teknisi disebuah perusahaan  terdapat banyak PC, tidak mungkin menginstal Windows satu-persatu. Memakan waktu yang cukup lama, selain itu juga akan menguras tenaga. jadi sebaiknya mengcloning isi dari hardisk yang satu ke hardisk PC yang lain. selain prosesnya cepat pekerjaan juga mudah terselesaikan, berikut ini langkahnya :

1)Masukkan Norton Ghost Boot Flashdisk USB atau Norton Ghost Boot CD sesuai dengan preferensi,
2)Nyalakan komputer, masuk ke BIOS dengan menekan DEL/F2/F8/F12 sesuai dengan BIOS PC Anda,
3)Masuk ke Bagian Boot Sequence/Urutan Booting Pastikan media yang digunakan menempati urutan pertama booting, 
4)Pada menu Booting Norton Ghost, Tekan salah satu tombol pada keyboard, 
5)Pastikan Master terdapat pada SATA 1, 
6)Kemudian Enter,
Boot Awal Ghost  

7) Pilih menu Local -> Disk -> To Disk,
Menu Norton Ghost

 
8)Pertama, pilih hardisk yang partisinya ingin dikloning,  


List Partition


9)Selanjutnya pilihlah pada hardisk tujuan, dan partisi tujuan,
10)Muncul pertanyaan Procced with partition copy pilih Yes,


Process
11)Klik reset komputer untuk Finish. 
    
Tidak seperti Backup partisi ke Image! Backup partisi ke partisi atau Cloning partisi menyebabkan partisi tujuan akan kehilangan semua datanya. Jadi pastikan dulu bahwa partisi tujuan dalam kondisi kosong.


Memudahkan pekerjaan adalah prinsip utama dalam membangun suatu kegiatan, memiliki nilai yang bagus serta hasil yang sesuai oleh keinginan anda. Norton Ghost adalah software yang menjawab semua itu dalam melakukan kloning (menggandakan) sistem dengan hasil yang baik. semoga trik ini bermanfaat untuk anda dan bisa membantu dalam kegiatan yang terkait Software Norton Ghost.




 Download Software nya Hiren's Boot USB 10.1

Tidak ada komentar: